www.ninonurmadi.com

Kunci Sukses Dalam Berwirausaha Langsung ke konten utama

Kunci Sukses Dalam Berwirausaha



lampunginfo.com Kunci Sukses Dalam Berwirausaha 1. Uang dan modal ternyata bukanlah satu-satunya kunci sukses untuk melakukan kegiatan usaha. Kreatzvitas, kemampuan menangkap peluang usaha, dan keuletan adalah kunci yang lebih utama. Sebab kreatzvitas mampu melahirkan berbagai alternatifyang tidak terpikirkan oleh mereka yang tidak kreatlf

2. Kemampuan menangkap peluang usaha dapat menghasilkan uang dan tawaran modal dari pihak lain. Keduanya menjadl lengkap apabila dzsertai dengan keuletan. Mereka yang ulet biasanya akan tampil sebagai pemenang. Seorang wirausaha yang ulet dan pantang mundur, walaupun hanya memiliki kecakapan dan dana yang relatifterbatas akan dapat mengalahkan orang lain yang memiliki dana dan kecakapan yang lebih baik, tapi tidak ulet.

3. Banyak contoh membuktikan bahwa hanya pengusaha yang uletlah yang dapat bertahan dalam menghadapi tantangan.

4. Untuk memulai kegiatan usaha, seseorang perlu melakukan perencanaan dan perhitungan dengan melakukan evaluasi terhadap kelayakan usaha. Kelayakan usaha mencakup perkiraan laba rugi perusahaan, perkiraan arus kas dan analisanya yang dibuat sebagai alat untuk memutuskan apakah suatu rencana usaha atau investasi usaha akan dilanjutkan atau dihentikan.

5. Menghitung kelayakan usahajuga penting sebagai pertimbangan pihak penyandang dana atau Bank untuk menilai layak tidaknya diberikan pinyaman dana atas usaha yang akan didirikan. Materi dari suatu kelayakan usaha pada prinszpnya memuat empat Aspek, yaitu
aspek pemasaran, aspek teknis, aspek yuridis, dan aspek keuangan.

ASPEK PEMASARAN

Produk yang dihasilkan oleh wirausaha adalah barang atau j asa yang akan dipergunakan atau dibeli oleh masyarakat. Oleh sebab itu sebelum menentukan produk apa yang akan dihasilkan, maka seorang wirausaha harus mengetahui kondisi pasar terhadap barang dan jasa yang ditawarkan dan mengetahui kebutuhan permintaan dan penawaran, kej elasan informasi tentang- persaingan, informasi tentang perkembangan harga, saluran distribusi dan rencana pemasaran dari produk tersebut.

PENETAPAN KEBUTUHAN PASAR

Untuk mengetahui tentang kebutuhan konsumen, diperlukan adanya kegiatan survey atau observasi (pengamatan). Kegiatan ini bertujuan mengumpulkan semua data dan informasi di lapangan yang berhubungan dengan bidang usaha yang akan dijalankan, sehingga ditemukan hal-hal yang memungkinkan tumbuh berkembangnya kegiatan ekonomi baru.

Berikut adalah contoh pengumpulan data untuk membuka usaha di bidang perdagangan di suatu lingkungan pemmahan tertentu, misalnya:

a. Jumlah Rumah 800 unit,

b. Jumlah KK 800 Orang,

c. Rata-rata Pendapatan Rp. 1.000.000/Bulan,

d. Jumlah Kendaraan Penghuni 400 KK,

e. Jumlah Toko Barang Konsumsi 2 Unit,

f. Jumlah Toko Kue 1 Unit. dan seterusnya.

Hasil pengamatan ini dapat memberikan informasi tentang kemungkinan adanya peluang usaha yang terdapat di pemukiman tersebut, antara lain: bengkel mobil, toko kelontong, agen minyak, gas, minuman, wartel, pengusaha mebel, cuci mobil, las pagar, salon, foto copy dan lain-lain. Bidang usaha perdagangan eceran/ retail (toko) juga dapat dipilih.

Alasannya karena dalam wilayah yang melayani 800 KK tersebut hanya terdapat dua toko. Selanjutnya perlu juga dicari informasi dari instansi atau pihak pengelola pemmahan atau kelurahan setempat. Contoh: Jumlah rumah siap huni 850 rumah Dalam pembangunan 750 numah Rencana total rumah 3.500 rumah Atas dasar data itu, sejak dini sudah dapat diantisipasi kemungkinan pengembangan usahanya dimasa mendatang.

PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Kelangsungan suatu kegiatan usaha akan tergantung pada adanya kebutuhan atau permintaan atas barang dan Jasa. Untuk mengetahui berapa besar kebutuhan utama diperlukan pengumpulan data untuk dilakukan perhitungan-perhitungan guna kegiatan usaha yang akan dilakukan, misalnya :.
a. Jumlah KK 500

b. Pendapat rata-rata/per-bulan Rp. 100.000

c. Prosentase biaya hidup dibandingkan pendapatan adalah 80 % atau Rp. 80.000, sedangkan rata-rata biaya hidup utama (beras dan lauk-pauk) adalah 60 % dari total biaya hidup 0.6 x Rp. 80.000,- 48.000,

d. Pendapatan yang dibelanjakan dilingkungan sendiri adalah 40 % dari biaya hidup utama atau 0,4 x Rp. 48.000,- = Rp. 19.200,

Data itu menghasilkan kemungkinan belanja di lingkungan sendiri, misalnya 40 % kepada pedagang keliling (lauk pauk) dan sisanya 60 % ke toko kebutuhan hidup sehari-hari atau sebesar x Rp. 19.200,- = Rp.11.520, - karena itu, potensi permintaan kebutuhan hidup utama sehari-hari yang dapat dipenuhi melalui belanja toko adalah Rp.11.520, .
Di samping itu perlu pula pengamatan atas kedua toko yang ada di kawasan tersebut untuk mengetahui besamya nilai dagangan kemampuan jual serta karakter pembeli (misalnya barang yang laku dan yang kurang laku). Jika hasilnya menunjukkan hanya sebagian kecil potensi permintaan yang dapat digarap, maka masih terdapat peluang membuka usaha baru yang menjual kebutuhan hidup sehari-hari. Contoh :

1. Potensi Permintaan Rp. 57.600.000,

2. Potensi Penawaran Rp. 30.000.000,

3. Berarti terdapat potensi/peluang pasar Rp. 57.600.000 - Rp.27.600.OOO, = Rp. 30.OOO.OOO

ANALISA PERSAINGAN

Bisnis adalah persaingan. Lebih-lebih usaha / toko yang akan dibuka usaha itu bukan satu-satunya toko yang ada. Oleh karena itu, perlu melakukan pengamatan dan pendataan yang detail terhadap toko-toko dilokasi tersebut. Pengamatan dan pendataan misalnya menunjukkan sebagai berikut:

1. Dalam waktu dekat belum ada rencana usaha baru yang sempa.

2. Harga jual barang lebih mahal dari harga supermaket, dan prosentase keuntungan rata- rata 20 %.

3. Kedua toko itu tidak punya fasilitas antar barang.

4. Pemasok barang mendatangi toko.

Kesimpulannya, peluang pasar yang hendak diambil tidak diganggu oleh pesaing baru. Melalui pasokan langsung dari Distributor, diperoleh harga yang lebih murah dan bersaing. Upaya untuk menang bersaing dapat dilakukan pula dengan menerapkan sistem swalayan dan memberikan pelayanan pengiriman barang sampai jarak maksimal 2 km dari toko bebas biaya antar. Melalui strategi ini, akan diperoleh konsumen bam, di samping dapat menarik konsumen dari pesaing.

PERKEMBANGAN USAHA

Satu yang amat penting, dan harus dicermati dalam dunia usaha adalah perkembangan hargajual dari barang yang diproduksi atau diperdagangkan. Keberhasilan seorang pengusaha diukur dari kecepatannya memperoleh informasi tentang perkembangan harga barang, yang dapat berbeda hanya karena perbedaan waktu dan tempat. Mereka yang dapat memanfaatkan informasi tersebut dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dari pesaingnya.

SALURAN DISTRIBUSI

Distribusi barang dari produsen ke konsumen adalah suatu mata rantai untuk meluaskan pasar. Dimulai dari yang terdekat dengan produsen, yaitu distributor, agen, sampai pengecer. Makin dekat ke produsen, harga yang diperoleh makin rendah, tetapi dengan jumlah pembelian yang besar. Makin Jauh dari produsen harga yang diperoleh makin mahal. Sebagai upaya memperoleh harga yang lebih murah, perlu menjalin kerja sama yang baik dengan agen dan distributor.

RENCANA PEMASARAN

Rencana pemasaran menyangkut promosi dan cara mengenalkan produk kepada konsumen. Selain itu rencana pemasaran yang baik juga penting untuk meyakinkan penyandang dana bahwa usaha yang akan dijalankan punya prospek yang menguntungkan, sehingga penyandang dana tertarik untuk menanamkan modalnya pada usaha tersebut.


lampunginfo.com - Berita Lampung Media Terkini Indonesia Kontak (+62) 081366574266 Address Alamat : Jalan Raya Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange / Cv Lampung Service™ , Jalan Bima, Bumisari, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung , 35362, Indonesia

Postingan populer dari blog ini

Service Center iPad Bandar Lampung

Service Center iPad Bandar Lampung Jasa Instalasi Ulang Laptop Bandar Lampung Hardware Software Window Linux perangkat komputer , laptop, pc , window memiliki banyak kapasitas kelebihan serta kelemahan komputer atau pc window ataupun linux bisa banyak memproses data dengan baik dan benar jika sisi hardwarenya pun memiliki spesifikasi sendiri. window pun rentan terhadap program jahat yang bisa menyerang kapan saja. window memiliki kelemahan juga jika sering digunakan itulah perangkat elektronik yang bisa menjadikan program menjadi tidak efesien jika banyaknya program di tambah menjadi lebih banyak juga tentunya, beberapa fungsi komputer perangkat hardware ataupum software begitu juga perangkat serba guna yaitu laptop bisa dapat digunakan dengan berbagai macam hal baik sebagai fasilitas pengetikan, pemrigraman, ataupun media sarana koneksifitas informasi teknologi media.

jika terdapat kerusakan pada sisi komputer akan menjadikan pengguna elektronik menjadi kurang dapat menggunakan elektr…

Nino Nurmadi Angkat Bicara Bisnis Internet di Indonesia

Nino Nurmadi Angkat Bicara Bisnis Internet di Indonesia  lampunginfo.com Pemilik PT Lampung Service nino nurmadi Angkat Bicara Soal Perkembangan Bisnis Usaha di Lampung usaha ada Menurut Pengusaha Asal Lampung ini ninonurmadi Mengatakan secara general, usaha merupakan setiap aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna dan sangat bergantung dengan di mana istilah usaha ini digunakan. Di bidang bisnis misalnya, usaha biasanya identik dengan aktivitas bisnis, sedangkan di dunia fisika, usaha merupakan faktor dari perpindahan dengan gaya.


jadi setiap berwirausaha harus lah dibekali dengan Iman, Kejujuran, Serta Rasa Toleransi Antar Umat Beragama tidak hanya melihat sisi agama seperti Non Muslim di sisikan tapi bisa berbaur walaupun hanya sekedar berwirausaha semua agama itu ada rasa toleransinya seperti yang di sampaikan Pemilik PT Lampung Service Yaitu Nino Nurmadi dengan Situs ni…

Service Center iPhone Bandar Lampung

Service Center iPhone Bandar LampungJasa Kursus Service HP Way Kandis Bandar Lampung Tempat Service HP di Bandar LampungCara Flashing HP Service HP Bandar Lampung Android Metode flashing adalah sebuah cara melakukan pengaturan ulang pada handphone dengan cara Melakukan Pengaturan ulang maka handphone kembali ke pengaturan awal dan semua program akan kembali kepada pengaturan awal pabrik dengan melakukan pengaturan awal ataupun ingin melakukan update serta updgrate room , biasanya flashing di lakukan ketika handphone ketika handphone akan di lakukan pengaturan awal terjadi beberapa hal yang mendasari nya secara umum Handphone Hang Lemot Berat Proses Input ke dalam os android menjadi berat hal mendasar inilah yang menjadikan handphone macet berat hang kartika banyaknya program yang ada di dalam handphone biasanya sering memasukan program namun tidak menghapusnya secara permanen di dalam pengaturan aplikasi itu sendiri Hp Android Semua Merk Dilakukan Persiapan Antara Lain harus sudah dii…