www.ninonurmadi.com

Apa Itu Registry Pada Windows 10 ? Langsung ke konten utama

Apa Itu Registry Pada Windows 10 ?




Apa Itu Registry Windows 10 ? Windows merupakan OS yang populer saat ini, hampir seluruh dunia termasuk Pengguna di Indonesia menggunakannya. Edisi Windows yang dipakai pun berbeda-beda, di jaman sekarang ini mereka lebih sering memakai edisi Windows seperti Windows 7, 8, dan 10. Salah satu alasan orang memakai Windows yaitu karena kemudahan dalam menginstall dan mengkonfigurasi hardware maupun software.

Dan Di Bawah Ini macam - macam Window Serta Pengertiannya :

1.     Windows 1.0
Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran.

2.     Windows 2.x
Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft,Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows.

3.     Windows 3.0
Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan Memory virtual.

4.     Windows 95
Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking. Windows 95 merupakan windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi. Rilis 24 Agustus 1995.

5.     Windows 98
Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 yang pertama merupakan windows yang sangat buruk. Lemot, sering crash dan berbagai masalah lainnya. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat, dan tidak lagi crash ( malah merupakan windows paling stabil yang pernah ada ) dengan rilis nya Windows 98SE pada tahun 1999

6.     Windows ME
Mengisi kekosongan antara dirilisnya windows 98SE dan XP, di lahirkanlah windows ME. Konsep konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME. 1 diantara konsep yang kemudian populer di suatu hari ada “plug and play”. Sayangnya GUI yang buruk dan terlalu geeky membuat nya tidak populer.

7.     Windows 2000
Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0″. Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar  workstation dan juga pangsa pasar server.

8.     Windows XP
Oktober 2001, microsoft merilis Windows XP, versi windows yang paling banyak di pakai di seluruh dunia sampai sekarang, banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Review score yang baik membuat windows XP merajai pasar PC sekarang ini. Windows XP yang pertama kali memecah bagian penjualan windows menjadi Home dan Professional. Hanya membedakan beberapa fitur yang mungkin tidak digunakan oleh pengguna rumahan dibanding pengguna professional.

9.     Windows Vista
Vista membawa perubahan besar dalam kernel, GUI dan rangkaian penambahan fitur yang menjanjikan. Sayang biarpun sudah mengalami penambahan fitur dan User Interface, Vista tidak sukses di pasar karena memiliki beberapa flaw yang sangat mengganggu, terutama bagi kritikus. Vista juga lambat dan tidak lebih baik dari windows XP dalam penggunaan sehari hari.

10. Windows 7
Rilis selanjutnya setelah Windows Vista dikenal sebagai Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Windows ini memiliki kennel NT versi 6.2 SP2 dari Windows Server 2008. Windows 7 memiliki keamanan dan fitur yang baru. Windows 7 adalah jenis dari Windows Server 2008 SP2. Windows ini dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009. Fitur yang ada di Windows 7 60% sama dengan Windows Vista. Beberapa fiturnya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang nama berganti menjadi Gadget dan Gadget bebas ditaruh kemana-mana (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spektifikasi Windows 7 lebih ringan dari pada Windows Vista. Harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista.


11. Di Ikuti Oleh Window 8, 9 10. Pada Saat ini


Semua informasi konfigurasi tersebut disimpan di dalam sistem operasi tepatnya di registry. Registry merupakan database yang digunakan untuk menyimpan informasi penting tentang konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, pasangan ekstensi file dengan aplikasinya, hingga preferensi pengguna.

Pada awalnya Windows tidak menyimpan konfigurasi di registry, melainkan pada file .INI yang digunakan pada sistem Windows 16-bit seperti Windows 3.x, lalu registry diciptakan untuk menggantikan fungsi file .INI tersebut. Registry pertama kali diperkenalkan pada sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi pasangan ekstensi file dengan aplikasinya, kemudian dikembangkan lagi menjadi database dengan cakupan data yang luas pada sistem operasi turunan Windows NT.

Dimana file registry disimpan?

Pada Windows 3.x, registry disimpan di file reg.dat yang terletak di direktori C:\Windows\reg.dat, dan hanya berfungsi sebagai penampung informasi pasangan ekstensi dengan aplikasinya.

Pada Windows 9x, registry disimpan di dua hidden file yaitu system.dat dan user.dat yang terletak di direktori Windows. Keduanya memiliki isi yang berbeda, system.dat mengandung semua informasi tentang software, hardware, security, dan pengaturan default Windows. Sedangkan user.dat mengandung informasi tentang account pengguna.

Pada Windows NT, registry dibagi menjadi lima subtree, di setiap tree tersebut mengandung key dan subkey yang disusun secara rapih. Susunan tersebut sama seperti direktori dalam penyimpanan file. Sementara itu, bentuk fisik dari registry tersebut disimpan di beberapa file yang disebut dengan hive, hive dan log nya disimpan dalam direktori Windows\System32\config.


Registry pada Windows memiliki struktur yang mirip dengan folder dan file pada Windows. Folder utama disebut dengan Hive, contoh hive yaitu seperti HKLM, HKCU, dll. Setiap hive memiliki sub folder yang dinamakan dengan Keys, di dalam keys akan ada Subkeys atau Values. Values adalah data yang mengandung konfigurasi, values memiliki beberapa jenis namun yang paling sering dipakai adalah strings, DWORD, dan binary.

Fungsi masing-masing hive dalam registry

HKEY_LOCAL_MACHINE


  • Sering disebut dengan HKLM berisi tentang informasi hardware dan setting software yang berlaku untuk semua user. Memiliki beberapa subkey, antara lain:
  • Software, berisi semua konfigurasi perangkat lunak yang terinstall di dalam komputer.
  • System, berisi semua informasi dan konfigurasi sistem operasi Windows yang sedang berjalan. Konfigurasi tersebut termasuk konfigurasi driver dan service Windows.




  • SAM, singkatan dari Security Account Manager, berisi database akun pengguna yang ada di sistem operasi.
  • Hardware, berisi informasi tentang konfigurasi semua perangkat keras yang terhubung dengan sistem seperti prosesor, perangkat input dan output yang digunakan, dll.
  • Security, berisi konfigurasi keamanan Windows.
  • HKEY_CURRENT_USER


Berisi informasi tentang user yang sedang login, termasuk profil user, konfigurasi perangkat lunak, dan preferensi user. Terdiri dari beberapa subkey, antara lain:


  • AppEvents, berisi tentang asosiasi antara suara dengan event nya.
  • Control Panel, berisi beberapa setting control panel.
  • InstallLocationMRU, berisi tentang informasi lokasi master Windows. (XP)
  • Network, berisi informasi yang berhubungan dengan jaringan.
  • Software, berisi tentang konfigurasi software untuk user yang sedang log on.
  • RemoteAccess, berisi informasi alamat dan profil untuk remote network access. (XP)
  • Console, berisi konfigurasi window Command Prompt, seperti tinggi, lebar, dan warna text.
  • Environment, berisi user variable.
  • Keyboard Layout, berisi konfigurasi layout keyboard.
  • Printers, berisi konfigurasi koneksi ke printer.
  • HKEY_CLASSES_ROOT


Berisi informasi semua pasangan ekstensi file dengan aplikasi pembukanya. Misal .rar dibuka dengan WinRAR dan .mp3 dibuka dengan Winamp.

HKEY_USERS


  • Berisi user setting yang akan digunakan oleh semua user. Jika hanya terdapat satu user maka nama subkey dari hive tersebut adalah .DEFAULT.


HKEY_CURRENT_CONFIG


  • Berisi tentang informasi konfigurasi untuk hardware. Hive ini tidak mengandung data apapun, melainkan hanya berisi rujukan menuju konten yang ada di Hardware Profiles\Current atau subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\CurrentControlSet\Hardware Profiles.


HKEY_DYN_DATA


  • Berisi tentang semua informasi Plug and Play.


Postingan populer dari blog ini

Service Center iPad Bandar Lampung

Service Center iPad Bandar Lampung Jasa Instalasi Ulang Laptop Bandar Lampung Hardware Software Window Linux perangkat komputer , laptop, pc , window memiliki banyak kapasitas kelebihan serta kelemahan komputer atau pc window ataupun linux bisa banyak memproses data dengan baik dan benar jika sisi hardwarenya pun memiliki spesifikasi sendiri. window pun rentan terhadap program jahat yang bisa menyerang kapan saja. window memiliki kelemahan juga jika sering digunakan itulah perangkat elektronik yang bisa menjadikan program menjadi tidak efesien jika banyaknya program di tambah menjadi lebih banyak juga tentunya, beberapa fungsi komputer perangkat hardware ataupum software begitu juga perangkat serba guna yaitu laptop bisa dapat digunakan dengan berbagai macam hal baik sebagai fasilitas pengetikan, pemrigraman, ataupun media sarana koneksifitas informasi teknologi media.

jika terdapat kerusakan pada sisi komputer akan menjadikan pengguna elektronik menjadi kurang dapat menggunakan elektr…

Nino Nurmadi Angkat Bicara Bisnis Internet di Indonesia

Nino Nurmadi Angkat Bicara Bisnis Internet di Indonesia  lampunginfo.com Pemilik PT Lampung Service nino nurmadi Angkat Bicara Soal Perkembangan Bisnis Usaha di Lampung usaha ada Menurut Pengusaha Asal Lampung ini ninonurmadi Mengatakan secara general, usaha merupakan setiap aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna dan sangat bergantung dengan di mana istilah usaha ini digunakan. Di bidang bisnis misalnya, usaha biasanya identik dengan aktivitas bisnis, sedangkan di dunia fisika, usaha merupakan faktor dari perpindahan dengan gaya.


jadi setiap berwirausaha harus lah dibekali dengan Iman, Kejujuran, Serta Rasa Toleransi Antar Umat Beragama tidak hanya melihat sisi agama seperti Non Muslim di sisikan tapi bisa berbaur walaupun hanya sekedar berwirausaha semua agama itu ada rasa toleransinya seperti yang di sampaikan Pemilik PT Lampung Service Yaitu Nino Nurmadi dengan Situs ni…

Service Center iPhone Bandar Lampung

Service Center iPhone Bandar LampungJasa Kursus Service HP Way Kandis Bandar Lampung Tempat Service HP di Bandar LampungCara Flashing HP Service HP Bandar Lampung Android Metode flashing adalah sebuah cara melakukan pengaturan ulang pada handphone dengan cara Melakukan Pengaturan ulang maka handphone kembali ke pengaturan awal dan semua program akan kembali kepada pengaturan awal pabrik dengan melakukan pengaturan awal ataupun ingin melakukan update serta updgrate room , biasanya flashing di lakukan ketika handphone ketika handphone akan di lakukan pengaturan awal terjadi beberapa hal yang mendasari nya secara umum Handphone Hang Lemot Berat Proses Input ke dalam os android menjadi berat hal mendasar inilah yang menjadikan handphone macet berat hang kartika banyaknya program yang ada di dalam handphone biasanya sering memasukan program namun tidak menghapusnya secara permanen di dalam pengaturan aplikasi itu sendiri Hp Android Semua Merk Dilakukan Persiapan Antara Lain harus sudah dii…