www.ninonurmadi.com

Sejarah Kerajaan Medang Mataram Kuno Langsung ke konten utama

Sejarah Kerajaan Medang Mataram Kuno



Lampunginfo.com Sejarah Kerajaan Medang Mataram Kuno : Penguasa Asia Tenggara dari Jawa Kerajaan Medang Mataram (Jawa tengah) mencapai puncak kekuatan dan kebesarannya di bawah Maharaja Dharanindra (782 M - 800 M). Pada masa Dharanindra memerintah, politik yang dianut bersifat ekspansionis yang membuat wangsa sailendra jawa dapat dikatakan menguasai seluruh asia tenggara.

Serangan Jawa pada masa dharanindra atas kemaharajaan chenla yang saat itu menguasai asia tenggara daratan dan berpusat di kamboja telah dicatat dalam berbagai prasasti serta berita dan kronik dari cina, arab dan kamboja sendiri.

Ekspansi armada laut jawa telah menyebabkan runtuhnya kemaharajaan chenla sedangkan putra mahkota chenla yang kelak bernama Jayavarman II ditawan dan dibawa pulang untuk dibesarkan di lingkungan istana medang.Teknik membesarkan putra mahkota kerajaan taklukan ini juga pernah dilakukan Romawi, Persia dan lainnya dengan harapan anak yang di didik akan memiliki pola pikir, cara bicara dan tradisi yang mirip dengan bangsa tempat ia di didik.

Namun, setelah dikirim pulang ke chenla untuk menjadi wakil maharaja Jawa dan memerintah di sana, ternyata putra mahkota ini berusaha memerdekakan diri. Dia menamai dirinya Jayavarman II dan mendeklarasikandirinya sebagai Deva Raja, sebuah konsep kekuasaan dimana raja adalah penjelmaan dewa dimuka bumi yang ditiru dari konsep pemerintahan di Jawa tempat ia dibesarkan.

Dharanindra wafat pada 800 M dan pada 802 M Jayavarman II memerdekakan diri dari jawa dengan mendirikan kemaharajaan Khmer . Jayavarman II memindahkan pusat ibukotanya jauh di pedalaman demi alasan keamanan karena daerah pantai akan menjadi sasaran mudah bagi armada kapal perang jawa yang saat itu menguasai lautan.

Penerus tahta Maharaja Medang Mataram setelah Dharanindra menganut politik damai dan tidak se-ekspansionist pendahulunya. Bahkan kerajaan medang mataram mengalami perang saudara dan pecah menjadi dua. Penerus tahta, Balaputradewa melarikin diri ke sumatra dan menjadi Maharaja sriwijaya, sedangkan medang mataram dikuasai oleh rakai pikatan yang berhasil menikahi pramodhawardani, anak maharaja samaratungga.

Kerajaan Medang Mataram akhirnya “kiamat” dan terkubur dalam abu akibat letusan besar gunung merapi. Sisa-sisa penduduk yang selamat dipimpin oleh mpu sindok bermigrasi ke jawa timur dan mendirikan kerajaan medang baru di tepian lembah brantas.

Medang atau Mataram kuno merupakan salah satu kerajaan yang kerajaan Mataram Kuno terletak di Jawa Tengah dengan intinya yang sering disebut Bumi Mataram. Daerah ini dikelilingi oleh pegunungan dan gununggunung, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi-Merbabu, Gunung Lawu, dan Pegunungan Sewu. Daerah ini juga dialiri oleh banyak sungai, seperti Sungai Bogowonto, Sungai Progo, Sungai Elo dan Sungai Bengawan Solo. Itulah sebabnya daerah ini sangat subur.

Kerajaan Mataram Kuno atau juga yang sering disebut Kerajaan Medang merupakan kerajaan yang bercorak agraris. Tercatat terdapat 3 Wangsa (dinasti) yang pernah menguasai Kerjaan Mataram Kuno yaitu Wangsa Sanjaya, Wangsa Syailendra dan Wangsa Isana. Wangsa Sanjaya merupakan pemuluk Agama Hindu beraliran Syiwa sedangkan Wangsa Syailendra merupakan pengikut agama Budah, Wangsa Isana sendiri merupakan Wangsa baru yang didirikan oleh Mpu Sindok.

Kehidupan Politik

Kerajaan ini di didirkan oleh Sanaha (Kerajaan Galuh). Setelah wafat, ia digantikan oleh putranya yaitu Sanjaya. Sanjaya merupakan pendiri Dinasti Sanjaya, yaitu penganut Hindhu Syiwa. Pada masa Sanjaya Kerajaan ini menjadi kerajaan besar dan makmur. Setalh ia wafat digantikan oleh putranya yaitu  Rakai Panangkaran. Pada masa pemerintahannya agama Budha sudah di Mataram sudah kuat. Oleh karena itu muncul dinasti baru yaitu Dinasti Syailendra. Atas permintaan Syailendra, Rakai Panangkaran membangun Candi Kalasan (corak Budha) ini mencerminkan sudah ada toleransi di kerajaan Mataram. Munculnya Dinasti Syailendra menggeser kedudukan dinasti Sanjaya. Pada masa Raja Samaratungga Candi Borobudur selesai di bangun.
Rakai Pikayan (Sanjaya) dengan Samaratungga (syailendra) membuat kesepakatan untuk menggabungkan kerajaan. Akhirnya Rakai Pikatan menikah dengan Pramodawardani (putri Samaratungga). Setelah Samaratungga wafat, akhirnya Rakai Pikatan tampil sebagai penguasa tunggal di Mataram. Pada masa Rakai Pikatan dia membangkitkan dinasti Sanjaya dan melebur dinasti syailendra. Tetapi dia merupakan raja yang toleran dan bijaksana, ia memperbolehkan penganut hindhu dan budha hidup rukun.
Setelah wafat ia digantikan oleh Rakai kayuwangi, Dyah Balitung, Rakai Wawa yang sampai akhirnya Mataram di pimpin oleh Mpu Sindok (semula dia tangan kanan raja). Pada masa dia, pusat pemerintahan Mataram di pindah ke Jatim karena letusan gunung merapi dan ancaman dari SriwijayaMpu Sindok akhirnya mendirikan dinasti baru yaitu Isyana dan mendirikan kerajaan Medang Kamulan (jombang, jatim)

Kehidupan Ekonomi dan Agama

Rata-rata masyarakatnya bertumpu pada sektor pertanian dan perdagangan. Masyarakatnya menganut agama Hindu Siwa dan Budha yang hidup secara berdampingan. Kehidupan Sosial Budaya. Kehidupan di mataram Feodal (seluruh kekayaan milik raja, rakyat wajib membayar upeti). Kaum bangsawan menduduki kasta tertinggi. Peradaban di Kerajaan Mataram sangat tinggi, terbukti hasil kebudayaan yang dihasilkan seperti candi Borobudur dan Candi Prambanan sekarang menjadi kekayaan Indonesia.

Runtuhnya Kerajaan Mataram Kuno

Hancurnya Kerajaan Mataram Kuno dipicu permusuhan antara Jawa dan Sumatra yang dimulai saat pengusiaran Balaputradewa oleh Rakai Pikatan. Balaputradewa yang kemudian menjadi Raka Sriwijaya menyimpan dendam terhadap Rakai Pikatan. Perselisihan antara kedua raja ini berkembang menjadi permusuhan turun-temurun pada generasi selanjutnya. Selain itu, Medang dan Sriwijaya juga bersaing untuk menguasai lalu lintas perdagangan di Asia Tenggara.

Rasa permusuhan Wangsa Sailendra terhadap Jawa terus berlanjut bahkan ketika Wangsa Isana berkuasa. Sewaktu Mpu Sindok memulai periode Jawa Timur, pasukan Sriwijaya datang menyerangnya. Pertempuran terjadi di daerah Anjukladang (sekarang Nganjuk, Jawa Timur) yang dimenangkan oleh pihak Mpu Sindok.

Runtuhnya Kerajaan Mataram ketika Raja Dharmawangsa Teguh yang merupakan cicit Mpu Sindok memimpin. Waktu itu permusuhan antara Mataram Kuno dan Sriwijaya sedang memanas. Tercatat Sriwijaya pernah menggempur Mataram Kuno tetapi pertempuran tersebut dimenangkan oleh Dharmawangsa. Dharmawangsa juga pernah melayangkan serangan ke ibu kota Sriwijaya. Pada tahun 1006 (atau 1016) Dharmawangsa lengah. Ketika ia mengadakan pesta perkawinan putrinya, istana Medang di Wwatan diserbu oleh Aji Wurawari dari Lwaram yang diperkirakan sebagai sekutu Kerajaan Sriwijaya. Dalam peristiwa tersebut, Dharmawangsa tewas.

Terdapat dua sumber utama yang menunjukan berdirnya Kerajaan Mataram Kuno, yaiut berbentuk Prasasti dan Candi-candi yang dapat kita temui samapi sekarang ini. Adapun untuk Prasasti, Kerajaan Mataram Kuno meninggalkan beberapa prasasti, diantaranya:

    Prasasti Canggal, ditemukan di halaman Candi Guning Wukir di desa Canggal berangka tahun 732 M. Prasasti Canggal menggunakan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta yang isinya menceritakan tentang pendirian Lingga (lambang Syiwa) di desa Kunjarakunja oleh Raja Sanjaya dan disamping itu juga diceritakan bawa yang menjadi raja sebelumnya adalah Sanna yang digantikan oleh Sanjaya anak Sannaha (saudara perempuan Sanna).

    Prasasti Kalasan, ditemukan di desa Kalasan Yogyakarta berangka tahun 778M, ditulis dalam huruf Pranagari (India Utara) dan bahasa Sansekerta. Isinya menceritakan pendirian bangunan suci untuk dewi Tara dan biara untuk pendeta oleh Raja Pangkaran atas permintaan keluarga Syaelendra dan Panangkaran juga menghadiahkan desa Kalasan untuk para Sanggha (umat Budha).

    Prasasti Mantyasih, ditemukan di Mantyasih Kedu, Jawa Tengah berangka 907M yang menggunakan bahasa Jawa Kuno. Isi dari prasasti tersebut adalah daftar silsilah raja-raja Mataram yang mendahului Rakai Watukura Dyah Balitung yaitu Raja Sanjaya, Rakai Panangkaran, Rakai Panunggalan, Rakai Warak, Rakai Garung, Rakai Pikatan, rakai Kayuwangi dan Rakai Watuhumalang.

    Prasasti Klurak, ditemukan di desa Prambanan berangka 782M ditulis dalam huruf Pranagari dan bahasa Sansekerta isinya menceritakan pembuatan Acra Manjusri oleh Raja Indra yang bergelar Sri Sanggramadananjaya.

Selain Prasasti, Kerajaan Mataram Kuno juga banyak meninggalkan bangunan candi yang masih ada hingga sekarang. Candi-candi peninggalan Kerajaan Medang antara lain, Candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Kedulan, Candi Morangan, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Sojiwan, dan tentu saja yang paling kolosal adalah Candi Borobudur.

Pemilik PT Lampung Service ( Nino Nurmadi ) atau Lebih di Kenal Masyarakat Lampung & Indonesia Cv Lampung Service Lampunginfo.com Portal Berita Terbaik Lampung & Indonesia. Pemasaran Kontak : 081366574266 Alamat : Jalan Raya Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange / Cv Lampung Service, Jalan Bima, Bumisari, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung , 35362, Indonesia website : http://www.lampungservice.com/ PUSAT PELATIHAN KURSUS TERBAIK DI INDONESIA Kursus & Service All Elektronik Kontak : 081366574266

Postingan populer dari blog ini

Service Center iPad Bandar Lampung

Service Center iPad Bandar Lampung Jasa Instalasi Ulang Laptop Bandar Lampung Hardware Software Window Linux perangkat komputer , laptop, pc , window memiliki banyak kapasitas kelebihan serta kelemahan komputer atau pc window ataupun linux bisa banyak memproses data dengan baik dan benar jika sisi hardwarenya pun memiliki spesifikasi sendiri. window pun rentan terhadap program jahat yang bisa menyerang kapan saja. window memiliki kelemahan juga jika sering digunakan itulah perangkat elektronik yang bisa menjadikan program menjadi tidak efesien jika banyaknya program di tambah menjadi lebih banyak juga tentunya, beberapa fungsi komputer perangkat hardware ataupum software begitu juga perangkat serba guna yaitu laptop bisa dapat digunakan dengan berbagai macam hal baik sebagai fasilitas pengetikan, pemrigraman, ataupun media sarana koneksifitas informasi teknologi media.

jika terdapat kerusakan pada sisi komputer akan menjadikan pengguna elektronik menjadi kurang dapat menggunakan elektr…

Nino Nurmadi Angkat Bicara Bisnis Internet di Indonesia

Nino Nurmadi Angkat Bicara Bisnis Internet di Indonesia  lampunginfo.com Pemilik PT Lampung Service nino nurmadi Angkat Bicara Soal Perkembangan Bisnis Usaha di Lampung usaha ada Menurut Pengusaha Asal Lampung ini ninonurmadi Mengatakan secara general, usaha merupakan setiap aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna dan sangat bergantung dengan di mana istilah usaha ini digunakan. Di bidang bisnis misalnya, usaha biasanya identik dengan aktivitas bisnis, sedangkan di dunia fisika, usaha merupakan faktor dari perpindahan dengan gaya.


jadi setiap berwirausaha harus lah dibekali dengan Iman, Kejujuran, Serta Rasa Toleransi Antar Umat Beragama tidak hanya melihat sisi agama seperti Non Muslim di sisikan tapi bisa berbaur walaupun hanya sekedar berwirausaha semua agama itu ada rasa toleransinya seperti yang di sampaikan Pemilik PT Lampung Service Yaitu Nino Nurmadi dengan Situs ni…

Service Center iPhone Bandar Lampung

Service Center iPhone Bandar LampungJasa Kursus Service HP Way Kandis Bandar Lampung Tempat Service HP di Bandar LampungCara Flashing HP Service HP Bandar Lampung Android Metode flashing adalah sebuah cara melakukan pengaturan ulang pada handphone dengan cara Melakukan Pengaturan ulang maka handphone kembali ke pengaturan awal dan semua program akan kembali kepada pengaturan awal pabrik dengan melakukan pengaturan awal ataupun ingin melakukan update serta updgrate room , biasanya flashing di lakukan ketika handphone ketika handphone akan di lakukan pengaturan awal terjadi beberapa hal yang mendasari nya secara umum Handphone Hang Lemot Berat Proses Input ke dalam os android menjadi berat hal mendasar inilah yang menjadikan handphone macet berat hang kartika banyaknya program yang ada di dalam handphone biasanya sering memasukan program namun tidak menghapusnya secara permanen di dalam pengaturan aplikasi itu sendiri Hp Android Semua Merk Dilakukan Persiapan Antara Lain harus sudah dii…